Fargas

Sabtu, 23 Februari 2013

KISI - KISI BAHASA INDONESIA SMK TEKNOLOGI

Kisi-Kisi UN 2013 bahasa inggris SMK Teknologi

1.Kompetensi

Listening (Mendengarkan). Memahami makna dalam wacana lisan interpersonal, transaksional, monolog sederhana dan teks fungsional pendek berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, pekerjaan dan keprofesian. 1. Pictures

Indikator

a.Menentukan pernyataan lisan yang tepat tentang kegiatan yang sedang berlangsung di dalam ruangan (indoor)/di

b.luar ruangan (outdoor) sesuai dengan gambar.

c.Menentukan pernyataan lisan yang tepat tentang lokasi suatu benda/posisi seseorang sesuai dengan gambar.

d.Menentukan pernyataan lisan yang tepat tentang penampilan (ciri-ciri fisik) seseorang/deskripsi benda sesuai dengan gambar.

2.Questions/Statements-Responses
Indikator

a.Menentukan respons yang tepat terhadap pernyataan/pertanyaan lisan yang berisi pemberian saran/pendapat.
b.Menentukan respons yang tepat terhadap pernyataan/pertanyaan lisan yang mengungkapkan sebuah undangan/penawaran.
c.Menentukan respons yang tepat terhadap pernyataan/pertanyaan lisan yang berisi pemberian arah atau lokasi suatu tempat/keberadaan seseorang/kondisi suatu benda/tempat.

3. Short Conversation
Indikator
a.Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi tersirat dari percakapan lisan singkat tentang kegiatan sehari-hari/kegiatan yang sedang berlangsung.
b.Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi tersirat dari percakapan lisan singkat tentang pemesanan sesuatu/pemberitahuan tentang keadaan suatu barang.
c.Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi tersirat dari percakapan lisan singkat tentang suatu perijinan/perjanjian.
d.Menentukan gambaran umum/informasi tersirat dari percakapan lisan singkat tentang kegiatan masa lampau/pendapat terhadap sesuatu hal (benda/tempat/masalah).

4. Short Talk (Monolog)
Indikator

a.Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat dengan tepat dari monolog lisan singkat tentang proses pengerjaan/pengoperasian suatu alat/tips melakukan sesuatu.

b.Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat dengan tepat dari monolog lisan singkat berbentuk pengumuman singkat/iklan singkat/brosur suatu produk.

2.Kompetensi

Reading (Membaca). Memahami dan merespon makna dalam wacana tulis interpersonal dan transaksional, esai/monolog pendek dan teks fungsional pendek berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, pekerjaan dan keprofesian. 5. Error Recognition

Indikator

a.Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan perbandingan benda/peraturan atau penolakan.

b.Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan deskripsi benda/tempat wh-questions.

c.Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan deskripsi fisik seseorang (physical appearance)/benda atau profesi seseorang.

d.Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan pengandaian/pilihan tindakan.

e.Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan perasaan seseorang terhadap sesuatu/pendapat seseorang.

6. Reading Comprehension
Indikator

a.Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau makna kata/frasa dalam surat/memo/pesan/e-mail bersifat bisnis.

b.Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau makna kata/frasa dari deskripsi perusahaan/profil perusahaan.

c.Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau makna kata/frasa pada deskripsi pekerjaan seseorang di waktu lampau/job descriptions.

d.Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum atau informasi rinci/informasi tersirat, atau makna kata/frasa dalam sebuah teks procedure dalam bentuk a.l. manual/ resep/ petunjuk/instruksi atau iklan.

3.Kompetensi

Writing (Menulis). Mengungkapkan dan merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esai sederhana bentuk recount/news item/procedure secara akurat dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari, pekerjaan dan keprofesian. 7. Incomplete Dialog

Indikator
a.Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi uraian tentang suatu kemungkinan/ pemberian pendapat.

b.Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi penawaran sesuatu/perintah.

c.Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi permohonan/pemberian saran.

d.Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi uraian tentang kegiatan rutin/gerund.

e. Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi suatu pilihan atau pemesanan barang/jasa.
f. Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi perintah/permohonan/saran.
g.Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi pengandaian/penggunaan used to (kebiasaan waktu lampau).

h.Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi rencana/janji yang akan datang/question tag.

i.Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi kegiatan waktu lampau/passive voice.

j.Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang terkait dengan kegiatan yang sedang berlangsung/present perfect tense.

8. Cloze Test
Indikator

a.Menentukan kosa kata (kata kerja/kata depan/kata sifat) yang tepat untuk melengkapi teks rumpang tidak lengkap pada surat bisnis berbentuk surat lamaran kerja/memo.

b.Menentukan kosa kata (kata kerja/kata depan/kata sifat) yang tepat untuk melengkapi teks rumpang tidak lengkap pada sebuah pengumuman/pemberitahuan.

c.Menentukan kosa kata (kata kerja/kata depan/kata sifat) yang tepat untuk melengkapi teks rumpang tidak lengkap pada iklan/brosur singkat.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More